Jumat, 03 Juni 2011

Kenapa Nokia Pilih Windows Phone ?

Mau tahu alasan Nokia kok memilih windows Phone ? Baru kali ini bos Nokia, Stephen Elop, blak-blakan soal kenapa perusahaan ponsel asal Finlandia itu memutuskan untuk menggunakan sistem operasi Windows Phone buatan Microsoft ketimbang Google Android.

Dalam acara Uplinq Qualcomm yang berlangsung di San Diego, California, Amerika Serikat, Chief Executive Officer (CEO) Nokia, Stephen Elop, berpendapat saat ini sudah banyak sekali produsen ponsel yang mengadopsi platform buatan Google Inc itu.

"Dengan menciptakan ekosistem ketiga, maka akan muncul peluang untung bersaing dengan iPhone dan Android," kata Elop seperti dikutip Cnet, Jumat, 3 Juni 2011. "Itulah dasar di mana kami akan maju."

Oleh karenanya, Elop menambahkan, Nokia akan membela Windows Phone mati-matian dengan menobatkannya sebagai platform utama smartphone Nokia ketimbang OS buatannya sendiri, Symbian. Elop menambahkan, sudah banyak sekali vendor ponsel yang memodivikasi tampilan Android supaya menarik perhatian konsumen.

Menurut dia, jika Nokia turut melebur dengan produsen ponsel Android lainnya, maka bisa dipastikan perusahaan itu akan tertinggal jauh karena sudah kecolongan start. "Sulit sekali untuk bersaing di ekosistem yang sama," katanya.

Dengan mengadopsi platform Windows Phone 7, kata Elop, Nokia mendapatkan kesempatan untuk membuat perangkat mereka sendiri ketimbang mematuhi 'aturan' Android. Sebagai pemegang hak eksklusif OS Windows Phone, Nokia juga leluasa membuat fitur yang membedakan Windows Phone di Nokia dibanding ponsel Windows Phone lainnya, seperti buatan Motorola, HTC, Samsung, dan Sony Ericsson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar