Minggu, 10 Oktober 2010

Firefox 4 Mobile untuk Android dan Maemo

Firefox 4 Mobile versi beta sudah tersedia untuk Android dan Maemo Mozilla memperlihatkan keseriusannya menggarap pasar mobile browser dengan merilis versi beta Firefox 4 mobile untuk platform Android dan (Nokia) Maemo. Browser tersebut diklaim lebih kencang daripada browser bawaan Android 2.1 dan bersaing dengan WebKit SunSpider di Android 2.2.

"Versi awal Firefox yang dibuat untuk Android sangat lambat dibandingkan browser bawaan. Kinerja merupakan hal penting dalam mobile browser dan usaha kami untuk memperbaikinya terbayar sudah. Versi beta terbaru lebih kencang dan kami punya rencana membuatnya lebih cepat lagi," tulis Matt Brubeck dalam blog Mozilla, Kamis (8/10/2010).

Mobile browser dengan nama kode Fennec 2.0 itu menggunakan dasar layout yang sama dengan desktop browser Firefox 4 beta. Namun, Firefox 4 beta menggunakan Javascript terbaru dan ekstensi terbaru yang disebut JagerMonkey. Versi beta ini juga sudah dilengkapi Firefox Sync untuk sinkronisasi bookmark, tab, history, password, dan isian data pada browser Firefox di berbagai platform.

Menurut Brubeck, kehadiran Firefox 4 beta merupakan jawaban terhadap teknologi Webkit yang diusung Apple dan Google. Menurutnya, Webkit yang membuat situs web dapat optimal di platform mobile sangat baik, tetapi memaksa web-web baru dibangun hanya dengan Webkit. Hal ini dinilai berbahaya seperti sepuluh tahun lalu saat Internet Explorer menguasai sebagian besar pasar dan kebanyakan situs menggunakan mark-up spesifik hanya untuk IE.

"Kami pikir orang harus bisa memilih browser terbaik untuk ponselnya seperti di komputernya. Semakin banyak pilihan mendorong semua browser terus berinovasi dan belajar satu sama lain sehingga semuanya terus meningkatkan kecepatannya," ujarnya.

Firefox Mobile versi pertama tersedia untuk Nokia Maemo di Nokia N900 sejak Januari. Versi alfa untuk Android menyusul sejak April. Kini, Firefox 4 beta dapat diunduh untuk perangkat Nokia N900 dan Android di atas versi 2.0 di www.mozilla.com/en-us/mobile/download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar