Kamis, 23 September 2010

Apple Akan Produksi iPhone CDMA ?

Apple akan segera memproduksi iPhone 4 CDMA pada Desember 2010 mendatang. Rumor yang beredar menyebutkan vendor asal Amerika Serikat tersebut akan memproduksi sekira tiga juta unit iPhone4 yang akan diluncurkan pada 2011 mendatang.

Spekulasi pertama diungkapkan oleh analis dari Susquehanna Financial Group, Jeffrey Fidacaro seperti dilansir Slashgear, Kamis (23/9/2010). iPhone 4 CDMA ini akan dibanderol sekira USD320. Jika kabar ini benar maka pasar iPhone untuk operator AT&T akan tergerus sekira 23 persen. Banyak pelanggan yang akan pindah ke operator telekomunikasi berbasis CDMA, Verizon.

Selama ini, smartphone iPhone buatan Apple hanya bekerja untuk jaringan GSM. Namun, mulai awal tahun depan, ada kamungkinan pengguna jaringan Code Division Multiple Access / CDMA juga bisa menggunakan iPhone.

Bloomberg melansir Apple akan menggandeng Verizon sebagai mitra operator iPhone di AS pada Januari 2010. Kabar tersebut mengejutkan mengingat verizon adalah operator CDMA bukan GSM seperti AT&T yang menjadi mitra eksklusif Apple saat ini. Menurut sumber yang dilansir, iPhone untuk CDMA akan dirilis Januari 2011.
Sebelumnya, the Wall Street Journal melaporkan Apple mengembangkan dua tipe produk smartphone pada Maret lalu. Satui produk diyakini iPhone 4 yang baru saja dirilis dan satu produk lainnya iPhone untuk CDMA yang akan bekerja di jaringan Verizon.
Disebutkan, proses produksinya kemungkinan baru akan dimulai September 2010. Ini dikuatkan sumber lain yang dilansir media Taiwan, Digi Times, menyebut iPhone versi CDMA akan dirakit di kuartal keempat. Komponen hardware-nya sudah mulai diproduksi di salah satu pabrik pegatron di Shanghai, China. Untuk tahap awal, Apple akan membuat sekitar 3 juta unit iPhone CDMA hingga Desember mendatang dan mulai memasarkan produk ini pada awal 2011.
Jika benar, AT&T bakal tidak lagi menjadi mitra eksklusif iPhone. Sejak dirilis pertama kali tahun 2007, Apple menjalin kerja sama khusus dengan operator GSM tersebut dan menjadikannya mitra eksklusif. Hal ini juga menjadi kabar baik buat pengguan CDMA di seluruh dunia. Kabar dibuatnya iPhone CDMA ini lantaran para pengguna Apple iPhone ingin "keluar" dari operator AT&T yang sejak awal sudah dipadukan dengan ponsel tersebut. "Pengguna iPhone berharap mereka bisa menggunakan jasa operator selain AT & T," tulis sebuah survey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar