Rabu, 29 September 2010

IPod Bisa Untuk Nelepon & iPad Akan Dilengkapi Kamera

Apple iPod touch dengan fasilitas Wi-Fi kini dapat digunakan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon. Sebuah perusahaan pengembang membuat sebuah aplikasi bernama Pinger yang memungkinkan pengguna menikmati layanan voice call, Pinger.

Selama ini, iPod touch dikenal sebagai perangkat yang seluruh fungsinya sama seperti iPhone, kecuali kemampuan untuk terhubung ke jaringan selular. Dengan layanan Wi-Fi, iPod dapat tersambung dengan jaringan selular melalui teknologi internet protocol (VoIP).

Untuk menggunakan Pinger, pengguna cukup mengunduh aplikasi tersebut di toko aplikasi Apple seharga 99 sen. Ketika aplikasi sudah ada di iPod touch, pengguna kemudian mengaktifkan layanan Wi-Fi dan dapat melakukan panggilan melalui VoiP selama 12 menit atau sekitar lima kali panggilan telepon.

"Ini sangat mudah sehingga tak terasa Anda sudah membayar untuk menelepon," kata co-founder Pinger, Joe Sipher. Dia menjelaskan, aplikasi ini ditargetkan mampu memikat pengguna iPod touch yang berusia sekitar 18 tahun. Sayangnya, aplikasi Pinger yang mendapatkan dukungan modal dari perusahaan Kleiner Perkins Caufield & Byers ini baru bisa dinikmati di Amerika Serikat.

Selain membuat Pinger, perusahaan itu juga pernah membuat aplikasi pesan singkat gratis atau Textfree. Di Toko Aplikasi Apple, Textfree telah diunduh 8 juta kali dan telah mengirimkan lebih dari 4 miliar teks melalui 1,7 juta nomor telepon.



iPad Generasi Kedua Dilengkapi Kamera

Prototipe Apple iPad generasi kedua diperkirakan tampil lebih ramping dari generasi sebelumnya, dengan layar seluas 7 inci, iPad model terbaru yang bakal diluncurkan akhir tahun ini juga dikabarkan dilengkapi fungsi kamera.

Analis teknologi informasi dari Goldman Sachs meyakini Apple sedang merancang sebuah prototipe iPad baru yang lebih tipis dengan fitur tambahan. Namun mereka memprediksi iPad generasi kedua itu memiliki luas layar yang sama seperti versi pertama, yakni 9,7 inci dan baru akan rilis pada Juni tahun depan.

"Tampilan layarnya sama seperti iPad yang sudah ada namun ini lebih tipis dan ringan," tulis analis Goldman Sachs, Henry King dan Kevin Lu. Menurut mereka, Apple akan menambahkan fitur built-in kamera untuk layanan panggilan video FaceTime dan drive mini USB.

Rumor lainnya seputar iPad yang beredar yaitu Apple akan menambahkan dock tambahan di sisi kiri komputer tablet tersebut dan melengkapinya dengan yang fungsinya masih misterius, bernama "Smart Bezel".

Tambahan port biasanya dibutuhkan pengguna iPad karena mereka sering mencolokkannya dengan perangkat lain. Sayangnya, belum ada yang tahu apa maksud disiapkannya fitur Smart Bezel. Dari sketsa prototipe iPad baru itu, diketahui fitur tersebut terletak di pojok kiri bawah iPad. Tak jelas apakah akan berfungsi sebagai tombol ekstra atau fungsi lainnya.

Goldman Sachs memperkirakan hingga akhir tahun ini, Apple telah menjual lebih dari 16 juta unit iPad sejak diluncurkan pada 27 Januari lalu. Separuh dari pemilik iPad menggunakan "papan tulis elektonik" itu untuk membaca koran, majalah, dan bermain game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar