Jumat, 31 Desember 2010

Fitur Kamera 1

Kamera. Fitur dokumentasi gambar. Lazimnya dimiliki oleh sebuah hape multimedia. Kamera ini iuga bisa difungsikan untuk merekatn video, yaitu merekam gambar bergerak.

Auto Focus. Salah satu fitur yang biasanya dibenamkan di kamera digital untuk mengunci objek. Lewat fitur ini, kualitas foto bisa baik kualitasnya. Obyek tetap tajam, karena kamera otomatis akan menemukan titik fokus gambar yang ingin dijepret.

Fixed focus. Titik fokus kamera dengan jarak ideal memotret yang sudah ditetapkan oleh pabrikan pembuat kamera. Fitur ini tidak bisa diatur atau disetel sesuai keinginan pengguna.

Piksel. Dimensi gambar terkecil dalam bentuk digital. Piksel ini berupa titik-titik yang menyatu sehingga menampilkan sebuahgambar. Semakin banyak piksel yang dimiliki sebuah kamera, semakin banyak pula titik yang dimiliki. Maka, gambar terlihat lebih rapat dan tajam.

Resolusi. Panjang maksimum piksel dikali lebarnya. Jika piksel dianalogikan dengan titik, maka sebuah area persegi panjang dengan lebar X dan panjang Y, bisa terisi jumlah yang berbeda. Misalnya, bidang area persegi panjang bisa terisi 300 ribu titik atau sejuta titik. Makin besar ukuran resolusinya, makin bogus kualitas fotonya.

ISO. ISO adalah singkatan dari International Standard Organization. Dulu kita mengenalnya sebagai ASA (American Standard Association). Kata ISO sendiri tidak mengandung arti kata khusus, kecuali ISO Speed. ISO Speed adalah angka yang digunakan untuk merepresentasikan standar ISO tersebut, guna menentukan sensitivitas film dan jumlah cahaya yang diperlukan kamera untuk menangkap foto. Semakin gelap kondisi pencahayaan obyek, semakin tinggi pula ISO Speed yang dibutuhkan.

Flash. Pencahayaan yang terdapat dalam
kamera hope maupun kamera digital, yaitu lampu kilat. Adanya flash ini cukup membantu pemotretan di dalam ruang atau di lokasi bercahaya redup. Ada dua macam flash yang umum di di hope, yaitu Xenon Flash dan LED Flash.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar